26 April, 2009

Prepress

Bagian prepress atau disebut juga pracetak seperti sudah dibahas di edisi sebelumnya yaitu untuk pengolahan data/materi. Dalam pekerjaannya , bagian ini sangat berkaitan erat dengan peralatan dan mesin seperti komputer, printer,scanner,print film,processor film,montage,plate maker, plate processor. Dalam pekerjaannya prepress terbagi menjadi 2 unit yaitu CTF (computer to film) dan CTP (computer to plate).
Apa itu CTF ?
Sesuai dengan namanya, computer to film maka di unit ini setelah design atau layout diolah sedemikian rupa (dengan software yang sesuai tentunya, seperti photoshop, corel draw, pagemaker, illustrator dll) sesuai dengan keinginan dari customer/klien maka file tersebut akan dikirim ke mesin print film. Prosesnya yaitu dengan metoda penyinaran oleh sinar laser. Untuk lebih mudahnya saya akan coba mengingatkan sobat tentang kamera konvensional yang masih menggunakan roll film, setelah roll filmnya habis tentu kita akan cuci film tersebut dan hasilnya dikenal dengan istilah klise ( itu istilah versi saya lho!). Kembali ke mesin print film tadi maka setelah selesai di print maka pekerjaan selanjutnyua adalah mencuci film tersebut dengan mesin processor film. Pencucian film tersebut biasanya menggunakan bahan chemical tertentu seperti gum, developer dan air bersih. Dalam satu unit mersin processor film yang sudah terintegrasi terdapat tahapan sbb :
1. Unit untuk menyimpan roll film
2. unit untuk mencuci film dengan gum
3. unit untuk mencuci dengan developer
4. unit pembersih dengan ait
5. unit pengering/dryer agar film tidak basah

Ukuran mesin print film dan processor film sendiri berbeda-beda tergantung dari kapasitas perusahaan percetakanya sendiri. Ibarat printer ada yang hanya bisa cetak sampai ukuran A4 tapi dewasa ini khan sudah banyak printer yang bisa cetak kertas A3. Bersambung

2 komentar:

  1. Sambungannya ditunggu Om... or emailkan ke hendra_setiawan1981@yahoo.com
    need your help for next explanation...

    Big Thanks..

    BalasHapus
  2. Ayo donk mas diupdate lagi informasinya..

    BalasHapus